RSS

Khutbah Jumat Sudais Dapat Kritikan Syeikh ‘Ubaikan

13 Jan

Sebelumnya muncul pendapat di masyarakat Arab, banjir yang menyerang Jeddah diakibatkan korupsi yang dilakukan para pejabat

Hidayatullah.com–Syekh Dr. Abdul Mushin bin Nashir Al-‘Ubaikan, anggota Mahkamah Tertinggi Kerajaan Arab Saudi mengecam keras khotbah yang disampaikan Syekh Dr. Abdurrahman As-Sudais yang disampaikan di Masjidil Haram, Jumat, 22 Muharram 1431 Hijriyah atau Jumat 8 Januari baru lalu.

Dalam khotbah itu Syekh as-Sudais dinilai mengecam salah seorang sahabat Rasulullah bernama Abdullah bin Al Lutbiyah. Ketika itu, Sudais menyamakan para perusak di Jeddah sebagai anak cucu Ibnu Al Lutbiyah.

“Khutbah itu sangat menyakitkan saya,” kata  Syekh Ubaikan, seperti dikutip harian Al-Madinah edisi Senin (11/1).

Menurut ‘Ubaikan, tidak layak siapa pun menghina dan mengecam para sahabat Rasulullah. Ibnu Al Lutbiyah adalah salah seorang sahabat Rasulullah yang pernah ditugasi memungut zakat. Ia kemudian menerima hadiah dari orang-orang kaya dan ia menganggapnya boleh. Namun, kemudian Rasulullah tahu dan langsung melarangnya.

Kata ‘Ubaikan, meski ia salah, bagaimanapun kita harus tetap berprasangka baik.

‘Ubaikan kemudian mengutip hadis Muttafaq Alaih yang menyatakan bahwa Rasulullah bersabda; “Jangan mencaci-maki sahabatku. Demi zat yang diriku ada pada-Nya, seandainya kalian berinfak emas sebesar gunung Uhud, tak sebanding dengan satu mud dari salah satu mereka, atau bahkan setengah mudnya.”

Kemudian ia juga mengutip hadis riwayat Imam Muslim yang menyatakan bahwa Rasulullah melarang Khalid bin Walid, yang dengan amarah mengutuk sambil merajam seorang wanita bernama Al-Ghamidiyah. Rasulullah melarangnya mengutuk pezina itu.

Begitu juga ketika beberapa sahabat Rasulullah mengutuk seorang peminum khamar, Rasulullah langsung mencegahnya. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari, Rasulullah bersabda, “Jangan kutuk dia karena dia mencintai Allah dan Rasulnya.”

Menurut ’Ubaikan, kritik ini perlu disampaikan karena khotbah Syekh Sudais menggema ke seluruh dunia karena dikumandangkan dari Masjidil Haram. Apalagi, Syekh Sudais adalah imam populer dan favorit, yang suaranya hampir dikoleksi semua jemaah haji yang datang. Disadari, Syekh Sudais adalah manusia yang sangat mungkin salah.

Sebelum ini, muncul berbagai pendapat di masyarakat, musibah banjir yang menyerang Jeddah belum lama ini diakibatkan dengan korupsi yang dilakukan para pejabat. [ihj/mdn/www.hidayatullah.com]

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 Januari 2010 in Dunia Islam

 

Tag: , , , ,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: