RSS

Daftar 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh

14 Jan

The Royal Islamic Strategic Studies Center dari Universitas Georgetown merilis sebuah buku yang menampilkan 500 di dunia Muslim paling berpengaruh. Tujuan dari diterbitkannya buku ini adalah untuk memahami pengaruh dan menjembatani perbedaan pengaruh di dalam dunia Islam saat ini.

“Sekelompok peneliti menyelidiki siapa yang paling berpengaruh di dunia Muslim,” Dr. John Esposito, guru besar agama dan studi Islam di Georgetown University. Ukuran berpengaruh bukan tentang seberapa fanatic sang tokoh, tapi seberapa besar pengaruhnya dibidang masing-masing.

Buku berjudul The 500 Most Influential Muslims – 2009 diterbitkan November 2009 dan akan segera didistribusikan ke seluruh dunia Islam. Buku dimulai dengan 50 Muslim yang berpengaruh secara umum, kemudian dilanjutkan dengan survei atas 450 sisanya yang paling menonjol di 15 bidang mulai dari politik ke agama, media, seni, ilmu pengetahuan dan pembangunan, tetapi tanpa peringkat.

Sepuluh tokoh paling atas semua memiliki posisi di bidang politik dan pemimpin agama. Menempati urutan paling atas adalah Raja Saudi Abdullah bin Abdulaziz. Lalu setelah itu pemimpin Iran Ayatollah Ali Khamenei, disusul Raja Abdullah II dari Jordania dan Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan.

Syaikh Muhammad Sayyid Tantawi, Imam Besar Al-Azhar menempati urutan berikutnya. Kemudian ada nama , Syaikh Yusuf Qaradhawi dan Mufti Mesir Ali Goma’a juga berhasil menduduki 10 besar. Setiap nama disebutkan background dan pemikirannya dalam buku ini.

“Buku ini tidak hanya untuk umat Islam tetapi untuk non-Muslim yang tidak tahu banyak tentang Islam dan dunia Muslim yang sangat beragam itu,” jelas Esposito.
Buku telah dirilis oleh Jordan’s Royal Islamic Strategic Studies Center di Universitas Georgetown yang diback up oleh Pangeran Alwaleed Bin Talal Center for Muslim-Christian Understanding. Penulis mengharapkan kritik karena sejak awal sadar bahwa menggunakan kata pengaruh cukup rumit memahaminya.

“Banyak orang mengatakan kepada saya bahwa apa pun yang Anda lakukan, ada akan kritik,” kata profesor Esposito. “Kami telah menerima reaksi positif, tetapi ada juga orang lain yang menyatakan keprihatinan tentang mengapa begini dan begitu, atau kenapa yang ini dan yang itu ditinggalkan atau tidak dimasukkan.”

Esposito mengatakan orang-orang yang tidak setuju Raja Saudi disebut sebagai tokoh Muslim paling berpengaruh harus melihatnya tidak saja sebagai pemimpin negara tempat Islam berkembang dari awal. Tapi juga harus melihatnya sebagai pemain ekonomi di panggung dunia. “Siapa pun rajanya, dia berpengaruh karena negara ini (Arab Saudi) berpengaruh,” terang Esposito.

Esposito juga menduga nama-nama seperti Usamah bin Ladin dan Ayman Al-Zawahiri, tangan kanannya manusia juga akan membuat alis naik. “Ini bukan tentang suka atau tidak, tapi tentang pengaruh mereka, apakah itu baik atau buruk,” terang Esposito. http://www.sabili.co.id/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 14 Januari 2010 in Dunia Islam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: