RSS

Pesantren Alquran Kurang Diperhatikan

15 Jan

JAKARTA–Keberadaan pesantren yang khusus membidangi Alquran kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah jika dibanding pondok pesantren yang bergerak di bidang pendidikan keislaman secara umum. ”Kalau pesantren umum ada semacam nomenklatur atau ada cantolannya. Tapi pesantren tahfizhul Qur’an tidak ada,” tandas KH Ahmad Fathoni LC MA mewakili panitia Workshop Nasional Pengasuh Pondok Pesantren Tahfizh Alquran dalam acara pembukaan di aula PBNU, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jum’at (15/1).

Workshop yang dihadiri oleh pimpinan wilayah Jam’iyatul Qurra’ wal Huffazh (JQH) Nahdlatul Ulama seluruh Indonesia dan para pengasuh pesantren Al-Qur’an ini akan membahas berbagai problematika yang dihadapi oleh pesantren tahfizhul qur’an. Workshop akan berlangsung selama tiga hari, 15 – 17 Januari 2010.

Dalam pembukaan workshop yang dihadiri Menteri Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal Zaini, Ahmad Fathoni berharap JQH bisa bekerjasama dengan kementrian PDT untuk mengembangkan keilmuan Al-Qur’an. ”Kita berharap PDT bisa mengirimkan beberapa orang hafizh-hafizhah ke daerah-daerah, terutama di luar Jawa. Ini sangat positif dalam rangka mengembangkan keilmuan Al-Qur’an,” paparnya.

Helmi Faishal yang membuka acara secara resmi mengatakan, pihaknya menyambut baik permintaan yang disampaikan perwakilan JQH. Dalam kesempatan itu ia juga memberikan bantuan dana untuk penyelenggaraan workshop yang diserahkan langsung kepada panitia. Menurutnya, mengembangkan keilmuan Al-Qur’an merupakan bagian dari keikutsertaan untuk membangun peradaban baru yang lebih baik, dan bagian perjuangan para ulama yang patut diteruskan.

”Keilmuan Al-Qur’an, juga para hafizh-hafizhan ini merupakan bagian dari kekayaan bangsa kita. Kekuatan Al-Qur’an kita harapkan menjadi nafas kehidupan kita sehari-hari untuk mewujudkan peradaban baru,” ungkapnya.

http://www.republika.co.id/

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 15 Januari 2010 in Dunia Islam

 

2 responses to “Pesantren Alquran Kurang Diperhatikan

  1. zheno2009

    16 Januari 2010 at 4:49 AM

    sukses…salam knl

     
  2. ziyadqu

    16 Januari 2010 at 12:27 PM

    @Zheno terima kasih, salam kenal juga

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: