RSS

Muhammad Badie Mursyid Aam Baru Ikhwanul Muslimin

16 Jan

muhammad_badie

muhammad_badie

Gerakan Islam yang bisa jadi paling tua di dunia, Ikhwanul Muslimin telah menyelesaikan hajatan besarnya untuk memilih pemimpin yang baru setelah pengunduran diri Mahdi Akif. Muhammadih Badie, terpilih sebagai pemimpin ke delapan yang akan membawa Ikhwanul Muslimin pada tahapan baru.

Dewan pertimbangan syariah Ikhwanul Muslimin akhirnya memilihi Muhammad Badie untuk mengemban amanah kepemimpinan Ikhwanul Muslimin. Sesaat setelah diangkat, pernyataan pertama yang diberikan oleh Muhammad Badie adalah, Ikhwanul Muslimin adalah gerakan yang anti kekerasan dan bertujuan untuk melakukan perbaikan secara bertahan.

”Kami percaya dengan reformasi dan mengambil cara damai serta konstitusional. Kami menolak kekerasan dalam segala bentuknya,” ujar Badie.

Lahir tahun 1943 di kota Delta Nil Mahalla el-Kubra, Badie pernah dipenjara selama sembilan tahun pada tahun 1960 setelah dituduh sebagai salah satu anggota sel gerakan saya militer Ikhwanul Muslimin yang saat itu didakwa akan menggulingkan pemerintahan Mesir. Sebelum menjawab sebagai Mursyid Aam, Badie menempati posisi sebagai penanggung jawab tarbiyah.

Muhammad Badie memiliki kedekatan sejarah dengan Sayyid Qutb dan juga pikiran-pikirannya. Pemilihan Badie diwarnai perbedaan antara pendukung kelompok konservatif di dalam Ikhwanul Muslimin dengan kelompok reformis yang lebih menghendaki agar Ikhwanul Muslimin aktif mengambil peran publik.

Badie dipilih menggantikan Mahdi Akif yang mengundurkan diri sebelum masa jabatannya selesai. Mahdi Akif mengundurkan diri karena perbedaan pendapat tentang pengangkatan Essam Erian yang dianggap sebagai pendukung kelompok reformis di dalam tubuh Ikhwanul Muslimin. Keputusan-keputusan yang cenderung reformis kerap diambil oleh Ikhwan dengan harapan bisa mengambil peran publik lebih besar. APalagi setelah pemerintahan Mesir membuat undang-undang khusus yang akan menghalangi Ikhwanul Muslimin mengikuti pemilihan umum 2011 mendatang.
http://www.sabili.co.id/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 16 Januari 2010 in Dunia Islam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: