RSS

Pemberontak Philipina Eksekusi Penghianat

19 Jan

Mindanao (Voa-Islam.com) – Penghianat..siapapun dia..akan menerima nasib yang sama, entah dulunya ia merupakan pejuang Islam, Komunis maupun dari Aparat pemerintah sekalipun. Itulah yang terjadi pada seorarang penghianat dari Pemberontak Komunis Philipina (NPA) yang dieksekusi oleh rekannya sendiri setelah ia berpindah haluan menjadi mata-mata pemerintah dan memerangi mantan kelompoknya.

Pemberontak Komunis Philipina mengeksekusi seorang mantan anggotanya karena membantu militer Philipina dalam kampanye melawan pemberontakan di wilayah yang bergejolak, provinsi selatan Mindanao.

Marcella Valiente, seorang juru bicara dari Tentara Rakyat Baru (NPA, pemberontak Komunis Philipina) mengatakan, satu unit khusus melakukan tindakan penghukman terhadap Dionesio Baslan Jr Di desa Pandapan Kota Tagum, karena banyaknya kejahatan yang ia lakukan terhadap kelompok pemberontak NPA.

Nasib Baslan seharusnya menjadi peringatan bagi orang-orang yang membiarkan diri menjadi alat brutal dan bersenjata dari pasukan fasis Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) dan Kepolisian Nasional Filipina (PNP) terhadap rakyat

Nasib Baslan seharusnya menjadi peringatan bagi orang-orang yang membiarkan diri menjadi alat brutal dan bersenjata dari pasukan fasis Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) dan Kepolisian Nasional Filipina (PNP) terhadap rakyat, “kata Valiente.

Kelompok pemberontak mengatakan Baslan meninggalkan unitnya – Komando Armando Dumandan – pada tanggal 7 Januari 2008, membawa kabur uang sebesar 20,000 Peso dan pistol dan menyerahkannya kepada polisi di Kota Tagum.

Sejak menyerah, Baslan bekerja sama dengan pihak berwenang dan menjadi aktif dalam operasi kontra-revolusioner pihak keamanan pemerintah di kota Tagum. Dia juga menjabat sebagai pemandu selama operasi tempur Angkatan Darat Divisi Infanteri ke-10 Reconnaissance Company di Kota Tagum Kota dan Provinsi Lembah Compostela di Mindanao.

“Dari Januari 20, 2008, ia aktif dalam pelecehan dan intimidasi operasi ke-3 Batalion Pasukan Khusus Angkatan Darat dari Brigade Infanteri 1003 terhadap rakyat miskin yang diduga sebagai anggota organisasi massa revolusioner.”

“Selama operasi intelijen tempur dari Divisi AFP Reconnaissance Company dan Batalion Pasukan Khusus, Baslan di persenjatai seperti pasukan fasis  biasa. Pada tahun 2009, Baslan bergabung dengan regu kematian terkenal dari AFP dan PNP dalam operasi pengawasan terhadap para pemimpin petani di Kota Tagum dan di Provinsi Compostela Valley, “kata Valiente.

ketika terjadi sebuah serangan, pengeboman ataupun penculikan di wilayah provinsi selatan, pihak-pihak berwenang Philipina selalu menjatuhkan tuduhan awal  kepada pejuang Islam Moro dengan mengatakan mereke berada di balik peristiwa tersebut, walaupun kadang hal itu tidak terbukti dan telah di bantah oleh pejuang Islam Moro sendiri

Angkatan Darat Divisi Infanteri ke-10 pada hari Senin menyatakan sedang menyelidiki laporan tentang Baslan. “Kami tidak memiliki informasi tentang eksekusi ini, tapi kami sedang mencari informasi ke dalam,” kata Mayor Romeo Cabanalan, seorang wakil jurubicara militer.

NPA adalah sayap bersenjata Partai Komunis Philipina dan Front Demokrasi Nasional yang memutuskan pembicaraan perdamaian dengan Manila setelah negosiator menuduh presiden Philipina Gloria Arroyo dari mengingkari beberapa perjanjian, di antaranya adalah pembebasan semua tahanan politik di negara itu.

Pemberontak Komunis Philipina telah berjuang selama lebih dari empat dekade untuk mendirikan negara Maois di Philipina.

Mereka kerap bentrok dan melakukan serangan-serangan terhadap pasukan keamanan Philipina, dan juga melakukan sabotase lainnya. Namun ketika terjadi sebuah serangan, pengeboman ataupun penculikan di wilayah provinsi selatan, pihak-pihak berwenang Philipina selalu menjatuhkan tuduhan awal kepada pejuang Islam Moro dengan mengatakan mereka berada di balik peristiwa tersebut, walaupun kadang hal itu tidak terbukti dan telah di oleh bantah pejuang Islam Moro sendiri.  (ME)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 19 Januari 2010 in Dunia Islam

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: