RSS

Rencana Pembangunan Masjid Terbesar di Inggris Gagal

19 Jan

London (voa-islam.com): Kelompok Jamaah Tabligh yang berencana membangun tempat ibadah dengan kapasitas 12.000 orang tersebut. Masjid ini rencananya dibangun didekat tempat berlangsungnya Olimpiade nanti.

Ketua Dewan Newham mengatakan bahwa izin perencanaan untuk tanah di daerah Abbey Mills berakhir pada Januari 2006 dan batas waktu untuk pengajuan perencanaan yang baru juga telah habis.

Dari kelompok Jamaah Tabligh tidak mengeluarkan komentar apapun hingga saat ini, mereka juga telah diperintahkan untuk meninggalkan wilayah Abbey Mills pekan ini.

Kelompok Muslim laim, Minhajul Qur’an Internasional UK mengatakan, masjid seharusnya menjadi proyek komunitas daripada proposal oleh kelompok individu.

Sebelumnya, masjid tersebut telah beroperasi sementara secara “ilegal” di Abbey Mills, tempat ini bersebelahan di selatan tempat yang akan menjadi arena Olimpiade London 2012 di Stratford.

Banyak pihak dari awal sudah menentang pembangunan masjid ini ketika Jamaah Tabligh melontarkan rencana pembangunan di tanah seluat 7,3 hektar tersebut.

Disebutkan, ada lebih dari 48 ribu orang mengajukan petisi kepada pemerintah untuk mencegah pembangunan masjid tersebut.

Juru bicara Dewan Newham mengatakan “Izin sementara perencanaan telah berakhir tanggal 31 Oktober 2006, dan setiap operasi sejak itu dinyatakan melanggar hukum, Jamaah Tabligh diberi waktu sampai Januari untuk menyerahkan perencanaan pembangunan masjid tersebut, namun hingga tenggat waktu yang diberikan mereka gagal menyerahkannya ke Dewan Newham”.

Mereka diberi tenggat waktu sampai hari Kamis untuk meninggalkan tanah di Abbey Mills tersebut atau dewan akan melaksanakan “tindakan penegakan resmi”.

Tanggapan Dewan Muslim Britania

“Kami berharap bahwa Jamaah Tabligh akan mampu bekerja sama dengan dewan lokal jika mereka berkeinginan untuk membuka sebuah masjid di daerah itu”, kata salah satu jurubicara Dewan Muslim Britania.

“Jamaah Tabligh tidak memiliki hubungan dengan terorisme. Mereka telah mendapatkan beberapa liputan yang tidak adil”, masih dari Dewan Muslim Britania.

Kelompok Muslim laim, Minhajul Qur’an Internasional UK mengatakan, masjid seharusnya menjadi proyek komunitas daripada proposal oleh kelompok individu.

Jurubicara kelompok tersebut Shahid Mursaleen mengatakan, “Kami mendesak masyarakat Newham untuk bersatu dan mendukung hal ini sebagai proyek komunitas, sehingga masjid tersebut sudah siap untuk tahun 2012”. (bbc)

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 19 Januari 2010 in Dunia Islam

 

One response to “Rencana Pembangunan Masjid Terbesar di Inggris Gagal

  1. nurrahman18

    20 Januari 2010 at 2:01 PM

    saya sebetulnya jug amendukung kok, walopn jarak jauh hanya dengan doa😀

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: